Ajining Diri Soko Lathi

Kejadian hari ini membuat saya seketika mengingat filosofi Jawa tersebut. Dan saya rasa filosofi tersebut bisa diterapkan secara umum, tidak hanya khusus untuk orang suku Jawa saja. Ajining diri soko lathi, yang artinya dalam bahasa Indonesia kurang lebih adalah setiap orang itu dihargai karena lidahnya, ucapannya. Bagaimana dia menjaga tutur katanya agar selalu berbicara benar, tidak berlebihan, konsisten dan dapat dipercaya. Bila seseorang sudah tidak bisa menjaga ‘lidah’nya bisa dipastikan kehancuran reputasinya, cepat atau lambat.

Siapapun pasti tidak suka mendengar orang berbicara tidak konsisten, molah-malih. Ibaratnya isuk dele, sore tempe: pagi kedelai, sorenya sudah jadi tempe. Betapa cepatnya omongan itu berubah. Saya tidak bisa membayangkan jika ini dilakukan oleh seorang pimpinan (leader). Akan seperti apakah jadinya kebijakan dan pengambilan keputusan. Semua pasti akan morat-marit, kacau balau, dilakukan tanpa adanya dasar, karena bisa berubah-ubah seenaknya, mana yang menguntungkan bagi individu tertentu atau paling jauh bagi kelompoknya saja.

Hal ini bukan berarti kita tidak boleh membuat satu titik kesalahan pun pada ucapan. Selayaknya manusia tidak ada yang sempurna. Tapi bukankah akan lebih baik jika menyadari, mengakui dan meminta maaf secara setulusnya. Mengakui dan meminta maaf tidak menurunkan derajat anda. Sungguh tidak.

Jadi, jika memang ingin dihargai oleh orang lain, mari kita coba belajar menjaga lidah dan ucapan. Sulit memang. Bukan hanya karena lidah tanpa tulang, tapi karena kita ingin menjadi sesungguhnya pemenang. Atas ego diri, angkuh hati, rasa menang dan benar sendiri.

Semoga kita bisa. Mohon diingatkan jika saya salah kata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s