Ngidam

Alhamdulillah, sekarang saya lagi hamil 11 minggu. Yeeayy…senengnya. Akhirnya menjalani permulaan buat jadi seorang ibu.

Tiga minggu pertama hampir nggak ada keluhan apa-apa. Maklum, soalnya saya sendiri juga ga sadar kalo lagi hamil. Udah ditest pack masih aja tandanya satu garis merah alias negatif. Seminggu kemudian ditest lagi. Akhirnya positif juga. Buat mastiin, periksa ke dokter juga. Dan bener loh. Aamiin.

Abis itu mulai deh, gejala-gejala bumil menghampiri. Mual tiap hari. Boro-boro cuman pagi. Siang, sore, malem kalo lagi eneg ya eneg aja. Dan yang paling menyiksa adalah saya jadi ga suka nasi. Huhuhu..ini siksaan bangeet, secara sebelum hamil bisa dibilang saya doyan banget makan. Tiap kali jam makan, berubah jadi kayak siksaan (jadi inget pas disuruh minum obat pas jaman kecil. kondisinya persis banget kayak itu). Mau makan ga nafsu, mau ga makan kok kasian dedeknya. Jadi dilema.

Makannya tiap hari lontong sama mie. Diganti-ganti aja. Roti ga seberapa suka, susu apalagi. Pokoknya di bulan ke dua ini kayaknya dedeknya lagi coba-coba eksplorasi makanan. Jagung manis yang biasanya suka, sekarang jadi ga doyan. Minuman sari buah yang instan, teh, permen jahe semua ‘dikeluarin’.

Dokter pendamping sih kebetulan ga sembarangan ngasih obat. Dia cuman ngasih vitamin folat aja. Ga ada yang namanya obat pengurang mual. Dan saya juga ga minta sih. Kata dokternya itu normal, jadi dinikmatin aja selama mual-mualnya ga paraaaah banget. Waktu bilang kalo saya ga suka susu, dokternya bilang gapapa. Dia tanya, doyan keju nggak? Enggak dok. Kalo tulang? Suka. Waaah, jawa bener ini, kata dokternya. Ya udah, makan bandeng presto, ayam tulang lunak, bayam dll.

Untungnya abis lewat minggu ke delapan, mual-mualnya mulai berkurang. Bisa makan nasi juga akhirnya. Dedeknya pinter nih. Yang belum bisa cuman kalo ada bau-bauan tajem (bau masakan, bau mie instan, bau amis ikan sama bau rokok). Tapii..ngidamnya kadang malah jadi macem-macem. Sebenarnya sesuatu yang sederhana, cuman karena tinggalnya di Jakarta jadi agak susah nyarinya. Hampir semua yang saya pengenin itu masakan rumahan Jawa Timur, atau lebih tepatnya masakan rumah ibu saya. Kadang kalo lagi ga nafsu makan yang keinget adalah sayur sop+tempe goreng+sambal kecap, sayur bening/bobor bayem+tempe goreng+sambal terasi, sayur asem+ikan asin+sambal terasi, pepes peda kelapa muda, menjeng/mendhol tempe, pecel ala jawa timuran, nasi jagung, lodeh rebung-nangka muda-tempe-tahu pedas, de el el. Duuuh jadi lapaaarrr. Mmmm… mungkin dedeknya lagi kangen neneknya kali ya.

Pas telpon Ibu di rumah, beliau langsung bikin janji, nanti kalau pulang bakal dimasakin semua. Horeee…jadi ga sabar pengen pulang. Lebaran, kapan lebaran?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s