Berburu Nasi Pecel

Akhir-akhir ini saya doyan banget sarapan pecel. Begitu bangun tidur dan pergi ngantor, yang dibayangin adalah nasi pecel yang eenaakkk banget. Tapi sayang, di Jakarta ini kayaknya nasi pecel bukan jenis makanan yang populer untuk sarapan ya. Di mana-mana yang dijual bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur atau ketoprak. Beuuh, kurang selera saya.

Dulu waktu di Surabaya atau Blitar, sarapan pagi adalah nasi pecel, bubur ayam, nasi kuning atau nasi jagung. Rasanya? Jangan tanya. Nyaaammm. :9

Begitu di Jakarta, duuuh nyari sebungkus nasi pecel enak aja susahnya minta ampun. Sempet ketemu nasi pecel yang lumayan, di depan RS. Fatmawati. Tapi sayang yang jual suka ga konsisten. Kadang dagang kadang enggak. Trus nyari-nyari di deket kantor, ada ibu pedagang juga yang jualan. Eh, ternyata di Jakarta penjual spesialis nasi pecel itu hampir ga ada ya. Maksudnya tu yang bener-bener jualannya cuma pecel doang. Kalo di sini sih umumnya mereka dagang macem-macem makanan trus ada menu pecel. Ga heran kalo nasi pecel di sini terkesan ‘ala kadarnya’. Berikut penampakan dari si pecel ala kadarnya itu.

pecel alakadarnya

See? Minimalis banget kan yak?! Isinya cuman kangkung atau bayam rebus, kecambah rebus, trus disiram bumbu kacang. Lauknya? Cuman tempe goreng atau kerupuk. Melaass. Bener-bener beda sama nasi pecel di Surabaya atau Blitar kota saya. Dalam sebungkus nasi pecel, selalu ada sayuran komplit (kacang panjang, bayam/kangkung/kenikir, kecambah, bahkan kadang ada bunga turi yang semuanya direbus), trus disiram sambel kacangnya. Di atasnya lalu dikasi lalapan (timun yang dipotong kecil, mlandingan/petai cina, dan daun kemangi). Ga cukup itu, kadang si penjual masih nambahin dengan sambel tumpang. Yaitu sambel dari tempe yang dihaluskan dan dibumbui. Lauknya boleh pilih. Mau tempe goreng, dadar jagung, tahu goreng, telor goreng, ayam goreng, banyak deh. Masih belum cukup, si penjual bakalan nanyak, mau peyeknya yang kacang apa yang teri. Ngasihnya banyak lagi, daaaannn gratiiiiiisssss. Surga pokoknya. Masalah harga jangan kuatir. Ditanggung murah. Sebungkus pecel komplit dengan lauk dadar jagung 2 cuman Rp. 6000. Ah ye! Gimana gak kangen coba? Miss u nasi pecel :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s