Namanya Phoenix

Apa yang ada di pikiran kita pas mau punya anak? Paling umumnya sih 1) Jenis kelamin sama 2) Nama si dedek. Nah, saya juga gitu. Pertama tahu kalo hamil, saya sama suami udah mulai sibuk cari-cari nama. Biar ga repot, kita cari 2 nama, buat bayi cewek sama bayi cowok. Saya maunya nama si calon dedek ini ada unsur jawanya. Ga tau kenapa, saya suka banget sama nama-nama Jawa. Macam Sekar, Gendhis, Amaranggana. Seru kan? Menurut saya sih, ini biar bisa jadi identitas dirinya kalo pas gede nanti. Misal dia pergi ke luar negeri atau kenalan sama orang asing, ini akan jadi ‘sesuatu’ yang unik dan membanggakan (*ini di pikiran emaknya loh ya, ga tau di pikiran anaknya ntar. hehehe). Kalau suami pengennya namanya gabungan. Jadi kayak namaku. Ada unsur modernnya, sama unsur tradisionalnya. Hahaha, apa sih. Trus namanya harus 3 kata. Biar gampang kalo bikin pasport (taelah :p). Saya setuju-setuju ajalah. Asal namanya bagus.

Begitu udah menerapkan ‘dasar-dasar’ bikin nama, kita mulai cari siapa kira-kira nama yang oke buat calon baby. Rata-rata sih kita cari dari internet. Sama sekali ga minta masukan nama dari keluarga. Maap ya ibu, soalnya takut nggak cocok dan malah berdebat jadinya. Tapi untunglah, 2 ibu kita semuanya demokratis. Makasiih buu😀.

Nama pertama yang berhasil disusun ternyata buat baby girl. Padahal pas kita ke dokter, dikasih tau kalo calon dedeknya cowok. Nah loh. Padahal namanya udah bagus. Kita suka banget. Tapi ya udah lah, kita simpen nama ini buat calon dedek ke-2 yang (semoga) cewek ya. Abis itu kita cari-cari lagi nama yang buat anak cowok. Beda sama orang-orang lain, nama pertama yang ketemu malah nama belakangnya: Aryasatya. Nama jawa dan unik. Dari bahasa Sansekerta, untuk laki-laki, yang artinya mulia; kemuliaan. Hmm…bagus tuh. Trus kita googling kayanya jarang yang pake. Saya emang pengen kalo punya anak, namanya ga pasaran. Soalnya nama saya sama suami pasaran banget. Coba deh ketik, pasti langsung keluar selusin lebih😦

Baelah, berikutnya kita cari nama depan dan tengahnya. Ini asli bingung. Sebenernya yang aktif cari suami sih. Habis ide saya ditolak melulu sama dia. Ya udahlah, biarkan ayahnya yang berkreasi. Ntar saya tinggal oke-in atau enggak-in ajah. Macem-macem nama yang suami kasih, saya terpaksa tolak. Habis gak suka. Gak sreg. Sampe akhirnya gara-gara liat ulasan tentang kurma di tv, trus suami beliin kurma nabi yang katanya bagus buat ibu hamil. Mahal maaaaak. 200 rebu cuma dapet berapa biji gitu. Trus suami googling-googling tentang si kurma ini. Dan akhirnya datanglah dia dengan satu usulan nama yang aneh dan unik: Phoenix. Setau aku, Phoenix ini bahasa latinnya burung api. Burung api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan. Phoenix membakar dirinya setelah hidup ratusan tahun dan kemudian dari abunya muncul burung Phoenix muda. Phoenix ini lambang juga dari keabadian. Tapi suami bilang, Phoenix yang dia cari ini ternyata didapat dari genusnya buah Kurma. Wah, baru tahu loh saya. Okelah kita pakai. Saya langsung setuju. Nama depan udah dapet, nama belakang juga udah, trus tinggal nama tengahnya. Suami tetep dengan aturan 3 kata. Hmmm…susah juga ternyata. Sampe mendekati bulan lahir belom nemu-nemu juga. Akhirnya, suami bilang pake nama Satria aja. Terlalu umum banget nggak sih? Ada sih beberapa nama alternatif. Tapi kata suami ga matching. Ya udah deh, mau gimana lagi. Tiga nama itu digabung jadi seru juga kok ya. Phoenix Satria Aryasatya. Yang artinya? Hmm…kalo saya sih ngartiinnya Satria/Anak laki-laki yang menyembuhkan dan penuh kemuliaan. Hihihi. Itu terjemahan bebas saya. Nama Panggilannya Phoenix. Agak susah sih, tapi gapapa. Yang penting saya suka, suami suka dan semoga kamu juga suka ya baby boy. Doa ayah & ibu, semoga kelak kamu tumbuh mendewasa seindah dan sesuai dengan arti namamu ya Nak. Aamiin.

Love you,

~ Ayah & Ibu ~

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s