Liburan Keluarga Ala Backpacker Ke Singapura (#1)

Jadi seperti yang udah saya kasih tau di postingan sebelumnya kalo kita pergi liburan ke Singapura bulan Februari kemarin. Berangkat dari Jakarta hari Rabu, 18 Februari 2015 jam 07.05 pagi pake pesawat Air Asia. Tapi beberapa hari sebelumnya kita dikirimin sms sama pihak Air Asia kalo pesawatnya direschedule keberangkatannya. Jadwalnya jadi lebih pagi, sekitar jam 06.45 WIB.

Abis subuh, kita udah siap buat berangkat. Untungnya si Baby Phoe kayak udah tau kalo kita bakalan pergi jalan-jalan. Udah bangun aja dong dia. Tanpa mandi (ya kali mandiin bayi pagi2 buta), kita cuma pakein dia jaket sama kaos kaki trus capcus. Naek taksi, yang kebetulan sopirnya baru selesai shalat subuh di masjid depan rumah. Sebenarnya sih kita pengen nyobain pake Grab Taxi. Itu tuh taxi yang pake layanan via smartphone. Pak suami bilang ini kayaknya oke dan bisa dicoba. Harganya lumayan murah dan sopirnya terpercaya. Bayangin, dari rumah kita ke bandara pas dicek cuma kena tarif sekitar 75ribu doang. Murah kaaaann? Tapii..bayarnya harus pake kartu kredit. Padahal kartu kredit saya lagi diblok pas hari itu. Ya udin, gagal deh kita nyoba taksi Grab. Mungkin lain kali. Buat yang mau nyoba coba intip aja website mereka di sini.

Sampe bandara udah rame aja gitu. Kayaknya banyak juga yang lagi manfaatin libur Imlek. Pemeriksaan barang dan sebagainya lancar. Bawaan kita ga banyak sih. Cuman tas tangan yang saya bawa, trus koper sedeng sama ransel gede yang dibawa pak suami. Dikit kan? (kemudian dikeplak pak suami :p). Kita berangkat dari terminal 3. Di sini Baby Phoe seneng banget soalnya bisa ngeliat pesawat dari dekat. Awat..awat, katanya. Hehehe akhirnya kamu naek pesawat juga ya Mas. Gak pake nunggu lama, kita udah diminta masuk pesawat daaaannn terbang ke Singapura. Oya, saya sempet takut Baby Phoe bakal rewel di pesawat. Eh tapi ternyata enggak loh. Dia minta nenen trus bobok gitu aja *sujud syukur.

Sampai Singapura masih pagi. Saya lupa sih jam berapa. Kalo ga salah belum jam 9 pagi deh. Karena jadwal check in hotelnya baru jam 12, kita muter-muter aja dulu di bandara. Pak suami yang emang udah sering wara-wiri Singapura, ngasih tahu macem-macem. Udah kayak guide wisata deh. Hihihi. Pertama saya mikir, muter2 di bandara apa enaknya ya? Tapii..setelah liat sendiri kayak apa bandara Changi saya baru ‘ngeh’. Pemerintah Singapura bener2 jempolan deh. Mereka bisa bikin bandara Changi udah kayak tempat wisata. Hampir semua fasilitas di sini lengkap. Ada kursi pijat, tempat buat relaks/tidur, kran air minum, colokan buat nge-charge ponsel/laptop, troli barang, bahkan stroller bayi. Wuhuuu. Saya yang emang ga bawa stroller tentu aja girang banget. Lumayaan, istirahat sebentar dari gendong si bayi 7kg ini. Perjalanan masih panjang,  Jenderal!

Karena perut udah keroncongan, saya minta ke pak suami buat makan dulu. Kata pak suami di bandara mah mahal. Saya pernah cek sih di beberapa blog, kalo di bandara Changi makanan murah tuh di canteen staf. Eh, tapinya pak suami ga tau di mana itu si canteen staff. Mau nanya kayaknya udah males kita. Ya udahlah, kita makan seadanya yang disana. Akhirnya beli 2 mie bakso ikan yang harganya masing-masing 5 SGD. Mahal maaak. Soal rasa sih jangan ditanya. Jauuuuhh kalo dibandingin sama mie ayam abang2 di Jakarta. Untuk minumnya sih cukup air putih di kran bandara yang udah kita stok di tempat minum yang kita bawa dari rumah #irit.

Mie 5 SGD yang ga nendang, baik rasa maupun porsinya

Mie 5 SGD yang ga nendang, baik rasa maupun porsinya

Selesai makan, baru deh kita muterin bandara Changi. Entah dalam rangka apa, waktu itu di bandara banyak banget boneka-boneka mini-miki mouse yang gede-gede. Kebetulan bangeett. Si baby Phoe kan pecinta Miki. Padahal dia gak pernah liat filmya loh. Langsung dong kita poto2.

Trus ya di bandara ini banyak bertebaran taman bunga yang unik dan cantik. Beneran taman bunga karena pake bunga asli, bukan palsu. Kebanyakan sih bunga anggrek. Warnanya macem-macem. Kalo gak inget di bandara udah saya petikin semua itu bunga. Hehehe. Kok bisa ya, itu bunga hidup dengan subur dan cantiknya di dalam ruangan. Gak kebayang gimana perawatannya. Selain bunga, yang bikin kagum lagi adalah kolam ikan koinya. Ditata apik, bersih dengan ikan-ikan gede plus gendut2 gitu. Pak suami sampe punya cita2 mau bikin kolam sama taman kayak gini ntar kalo kita udah punya rumah sendiri. Aamiin *pake suara kenceng.

ikan-ikan

ikan-ikan

taman lagi

taman lagi

Gimana? Oke kan tamannya. Yakin mereka bikinnya gak sembarangan. Kita juga sempet ke Butterfly Garden. Letak taman ini di Terminal 3, Departure Transit Lounge, Level 2. Di sini hidup kupu-kupu tropis, mulai dari kepompong sampe kupu dewasa. Liat nih foto di bawah. Kupu-kupunya lagi pesta madu. Padahal ini bunga ga ada batangnya yang nancep di tanah loh.

Butterfly Garden

Butterfly Garden

Capek muterin bandara saya sama pak suami nyobain kursi pijat gratis yang ada di sana. Lumayanlah, bisa ngilangin pegel2 di kaki sama betis.

nyobain kursi pijat sambil diliatin bocah bule

nyobain kursi pijat sambil diliatin bocah bule

Gak kerasa kita muter2 di bandara sampe jam 1 siang. Eih, waktunya cabut ke hotel nih. Gak kerasa ya waktunya. Kalo capeknya sih tetep kerasa. hehehe. Ternyata waktu yang hampir 4 jam gak buat kita jadi bosen ataupun mati gaya loh di bandara Changi. Dan kayaknya sih belum semua tempat di Changi kita eksplore (ya masa kita liburan di Singapura cuma maen ke bandara :p). Mungkin next time ya. Soalnya kita harus buru2 ke hotel buat beberes sama istirahat. Bye, Changi!

2 Comments

  1. Changi airport emang keren… Tapi sayangnya aku jarang banget bisa menikmati berbagai fasilitas di airport ini, karena kita suka mepet nyampe di airport kalo mau ke mana2… Kali kapan2 harus diniati datang 5 jam sebelum terbang, biar sempet jalan2 di Changi, hehe…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s