Cacar Monyet. Penyakit apa itu?

Udah hampir seminggu ini baby Phoe kena cacar monyet. Heh? Cacar air kali? Bukan kok, kata bidannya cacar monyet!

Jadi, seminggu yang lalu, badan baby Phoe merah bentol-bentol kecil gitu. Saya pikir sih biang keringat. Maklum, cuaca lagi panas-panasnya dan di rumah emang ga pasang AC. Udah pasti baby Phoe kegerahan dan sering keringetan. Buat ngurangin rasa sakitnya, saya olesin sama bedak Salic*l. Pertama sih kayaknya aman-aman aja. Sampai pas pagi hari kita liat kok bentol merah di tangannya jadi melentung gitu. Trus ada isinya macem air apa nanah gitu. Duh, jadi kuatir dong. Akhirnya kita bawa dia ke bidan di deket rumah.

Bidan bilang ini sih cacar monyet. Beda sama cacar air. Penyebabnya adalah bakteri di kulit yaitu Staphylococcus aureus. Penasaran dong saya sama suami. Akhirnya googling dan dari sini kita tahu kalo penyakit cacar monyet ini sering menyerang anak kecil. Kelainan kulitnya berupa bercak merah yang berubah cepat menjadi lepuh seperti tersundut api rokok, jika cairan dari lepuhan tersebut mengering dan menjadi noda-noda hitam (bopeng).  Biasanya yang sering terkena adalah sekitar mulut, hidung, leher dan ketiak, dada dan punggung. Kelainan kulit pada cacar monyet hanya pada area tertentu, beda dengan cacar air yang ada pada hampir seluruh area tubuh (sumber: dari www.vemale.com).

Untuk kasus baby Phoe, cacar monyet ini menyerang bagian dada sama tangan. Yang paling parah hingga jadi lepuhan ada di tangan kiri. Sediiiih ngeliatnya. Bidan kasih salep gentamic*n buat dioles ke cacarnya sehabis mandi. Untung cacar monyet ini ga terlalu ganggu aktivitas si baby. Dia masih aktif, ga rewel, ga demam dan nafsu makannya masih besar kayak biasa. Cuman yang susah, dia masih garuk-garuk badan sama tangan mulu. *mungkin ini sebabnya disebut cacar monyet kali ya? :p

Dan Alhamdulillah setelah beberapa hari, cacarnya mulai kempis dan kering. Bekas luka yang kayak sundutan mulai menipis. Semoga ini yang terakhir dan terus sehat ya nak. Aamiin.

PS: besok difotoin ya kayak apa cacar monyetnya si baby Phoe. mau nyari gambar di internet, tapi semuanya syerem-syerem bikin perut jadi mules. 

 

6 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s