Ojek Ooh-Jeek

sumber: www.annida-online.com
sumber: www.annida-online.com

Akhir-akhir ini kemacetan di Jakarta kayaknya makin parah aja yak. Penyebabnya tak lain tak bukan adalah adanya pembangunan MRT, beberapa perbaikan jalan dan juga galian PDAM atau PLN. Jadi kalo jam berangkat dan pulang kerja, hmmm siap-siap aja bermacet-macet ria. Emang sih pada dasarnya Jakarta udah macet di jam-jam tersebut. Tapi kali ini lebih parah. Saya bahkan terpaksa harus jalan kaki dan bersaing sama motor dan mobil dari kantor di R.A. Kartini sampe rumah saya di Jeruk Purut. SELAMAT! Padahal biasanya saya naek angkot atau kali lagi kepepet naek taksi. Tapi macet kali ini bener-bener bikin kendaraan di TB Simatupang gak bisa gerak. Ampun dah!

Sebenarnya sih bisa aja saya naek ojek. Tapi kayaknya kok ya percuma. Wong motor aja jalannya juga kayak semut. Ya udahlah, jalan sekalian olahraga (olahraga? malem? di antara mobil & motor? dapet salam dari polusi :p). Kalo dulu sih saya (mau gak mau) bakal naek ojek. Soalnya udah langganan. Bukan langganan perbulan sih, tapi langganan hampir tiap hari naik. Sekarang sih saya udah ga ngojek lagi. Habisnya nih pak ojek saya itu ajaib banget orangnya. Ini beberapa cerita ‘keajaiban’ si pak ojek yang kita sebut aja Pak R.

1. Ini adalah peristiwa yang bikin saya akhirnya ‘putus’ langganan sama dia.

Hari itu suami ngajak nonton film abis pulang kerja. Saya lupa filmnya apa, pokoknya nontonnya di Gandaria City, jam 6 sore. Kebayang dong, jam 6 sore itu Jakarta macetnya kayak apa. Akhirnya dari pagi saya telp si Pak R ini buat ngojek ntar jam 5 sore. Saya sama suami emang janji ketemuan di Gancit. Si Pak R udah oke. Udah tenang dong saya.

Tepat jam 5 saya turun. Nyamperin dia di pangkalan depan kantor saya. Lah, kok kosong? Kemana nih si bapak? Kata pak penjual teh botol yang ada di situ dia lagi nganterin orang ke Citos dan saya diminta nungguin bentar. Weleh. Citos sih emang cuma 15 menit jalan kaki dari kantor saya. Tapi kesana itu jalannya macet. Mana ini udah jam 5. Karena gak bisa ngapa2in, ya udah saya tunggu bentar deh. Tik tok tik tok. Eh, udah jam 5.15 dan dia belom nongol. Pffft. Pas saya mau telpon, eh dianya nongol. Oke deh, langsung saya naek dan meluncur ke Gancit.

Di tengah jalan, tiba-tiba pak R nanya, “Mbak buru-buru gak?”

Saya: “Iya.”

Pak R: “Hmm..nanti saya boleh gak brenti di deket hotel K bentar? Mau jemput adek saya bentar. Soalnya dia bawa barang banyak banget. Kasian. Saya juga gak enak kalo gak jemput. Soalnya sering pinjem duit sama dia.”

Nah, loh. Dia gak ngasih saya kesempatan buat jawab.

Pak R: “Bentar aja kok, Mbak. Nanti Mbak gak usah bayar deh.”

Saya bisa jawab apa? Karena dasarnya ga tegaan, akhirnya dibolehin.

Dan dia nurunin saya di pom bensin deket hotel K, dengan janji gak akan lama dan gratis.

Tik tok tik tok. Udah setengah enam. Dan si pak R belom muncul (lagi). Resah, deg-degan, mules (-macem nunggu pacar aja).  Lima menit kemudian dia dateng. Buru-buru saya langsung lompat lagi ke boncengan. Takut telat euy. Saya, apalagi suami, paling ga suka nonton film trus telat dateng. Soalnya harus buru-buru ke toilet, nyari tempat duduk, belom lagi kalo mau beli snack & minum.

Saya kira semua udah selesai dong yah. Adeknya udah dijemput, dan dia bisa nganterin saya dengan tenang. Tapi, ternyata salah BESAR. Di jalan, Pak R celingak-celinguk. Saya pikir, ni bapak kenapa sih. Eeeh, tiba-tiba aja, syeeetttt….dia muter balik. Ngejar taksi warna biru dan gedor-gedor jendela belakangnya. ASTAGANAGAH.

Pak R: “Buka, mbak.” Dia ngomong ke si mbak2 yang naek taksi itu, minta buat dibukain jendela.

Si Mbak dalam taksi: “Gak usah, pak. Kita naek taksi aja.”

Pak R: “Bentar aja, ya mbak. Saya mau nganter ini dulu.”

Si Mbak: “Iya, pak, udah. Kita naek taksi aja.”

Pak R: “Jangan marah ya, mbak. Bentar aja.”

Adegan ini persis kayak di sinetron tipi-tipi tuh. Di mana si cowok lagi pacaran sama cewek, ditinggal pergi, trus si cowok memohon-mohon. DRAMA abis!

Trus saya gimana? Duduk dengan bengong dan bodoh di boncengan belakang. Aslik. Speechless saya.

Seperti yang dilakukan oleh orang normal lain, si mbak nutup jendela trus tetep melaju dengan taksinya. Nah, diginiin sama si mbak, makin galaulah pak R. Tiba-tiba, syeeetttt…dia belok ke pom bensin. Trus turun dari motor, dan jalan mondar-mandir macem orang diputusin pacar. Hah. Saya? Lagi-lagi tetep ngejogrok di atas boncengan motor yang lagi di parkir sembarangan. Sumpah. Kenapa saya bisa sebodoh itu ya?

Sampe akhirnya keluar juga suara dari mulut saya: “Bapak, ngapain sih?!”

Nah, baru tuh dia sadar. Langsung naek motor lagi, jalan ke gancit buat nganterin saya. Saya udah was-was aja sambil liat jam. Takut telat. Eeeh..lha kok ya di jalan si pak R bikin ulah lagi. Dia ngejar lagi si mbak dalam taksi tadi lewat….telpon. Buseeetttt. Pantang menyerah nih bapak. Memohon-mohon, menghiba, minta maaf. Apapun lah. Saya kesel banget. Ini ya, dia tuh lagi nyetirin saya. Pake kecepatan yang gak kira-kira. Dan sambil telpon! Saya pengennya lompat aja dari motor. Tapi kok kayaknya keadaan gak memungkinkan. Sabaaar sabaarr. Akhirnya sampe Gancit juga. Dapet gratis sesuai janji? Ya enggaklah. Tetep aja saya bayar.

Abis kejadian itu saya kapok-pok-pok. Udah janji dalam hati gak ngojek dia lagi. Ada gitu penumpang ojek diturunin pas ngojek, disuruh nunggu,  trus diajak ngejar-ngejar orang dan keselamatan kita diabaikan. Pas saya cerita ke suami sama temen kantor, mereka sepakat. Ga usah ngojek lagi sama dia.

Tapi ternyata gak semudah itu loh buat ‘lepas’ sama dia. Dalam prosesnya saya tetep dikejar-kejar sampe deket rumah, dikirimi sms mohon maaf, memohon-mohon dsb. Skeri. Setelah saya kasih sedikit wajah jutek (karena dijelasin ga pernah mempan), si pak R mundur teratur. Fiuuuh. Sekarang pulang kantor saya mengandalkan si angkot tercinta.

Kalo diamatin ini ‘kebiasaan’ pak R. Hampir semua order dia iyain. Saya sih gapapa juga kalo emang hari itu dia ada order jam 5. Kalo dia ga bisa nganterin, saya juga gak bakal sakit hati, meskipun udah langganan tiap hari.  Daripada semua diiyain, tapi pada kenyataannya dia ga bisa ngejaga pelanggannya gitu ya. Saya maklum, mungkin dia berusaha nyari duit lebih. Tapi ya kan gak gitu juga caranya.

Sebenarnya, sebelum kejadian ini si pak R suka bertingkah ajaib juga. Pernah pas pulang kantor saya naek angkot (karena dia lagi ga ada di pangkalan). Eh, belom ada 3 meter, muncullah pak R di deket pintu angkot. “Ayo, mbak. Saya anterin,” katanya. Dan saya? Bayar angkot, trus turun naek ojek dia. Saya bodoh? Iya.

Dan keajaiban pak R ini gak cuma terjadi sama saya aja. Berikut adalah keajaiban dia sama temen saya:

2. Kejadian pak R dengan Mbak A

Mbak A minta dianterin seminar di hotel. Bilang tolong ntar jemput kira-kira jam 4 sore ya pak. Jam 4 sore, di depan hotel temen saya dipanggil sama petugas hotel. Katanya ada temennya.  Keluar dong si Mbak A dari ruang seminar, soalnya belom selesai. Pas sampe depan hotel, siapakah temennya itu? si Pak R. Errrrrrrr. Ya mbok sms dulu apa pak.

Kadang saya suka kasian juga kalo liat orangnya. Tapi ya, kayaknya tipe orang ini kalo udah sekali dibaikin bakal ‘buntutin’ kita terus. Temen-temen saya yang tadinya ngojek dia, akhirnya ga pernah ngojek lagi atau ngurangin frekuensi ngojek sama dia. Yah, semoga rejeki dia tetep ngalir lancar lah ya. Aamiin.

Leave a Reply

