Posted in Traveling

Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana

Weekend kemarin kita akhirnya ngajak baby Phoe buat pergi main ke luar rumah. Habis kasian, udah 2 minggu ini dia dil rumah melulu, gak ada kegiatan apa-apa. Padahal kan dia lagi aktif2nya. Karena suami menolak usul buat pergi ke taman Suropati sama taman Langsat, akhirnya kita nyari2 tempat yang konsepnya masih hijau alami gitu. Browsing ke sana ke sini akhirnya nemu Hutan Kota Sangga Buana. Di mana itu? Lokasinya di Karang Tengah, Jakarta Selatan. Letak tepat lokasinya di mana? Coba google map di sini ya. Emang tempatnya agak masuk di tengah2 pemukiman sih. Saya sama suami harus tanya beberapakali sebelum sampai ke lokasi.

hutan kota pesanggrahan sangga buana
hutan kota pesanggrahan sangga buana

Begitu sampai kita disambut parkiran luas yang panas. Ya iyalah, secara kita datang jam 10 pagi di musim kemarau yang  mataharinya lagi girang-girangnya.  Tempatnya luas. Ada beberapa mainan anak tapi sayang kurang terawat. Tapi terlepas dari itu, untuk area hijaunya emang lumayan luas.

IMG_20150823_112916
mainan anak

Menurut peta yang ada di sana, sebenarnya fasilitas yang ada di hutan kota ini lumayan lengkap loh. Ada mushola & MCK, jalur joging, tempat pengolahan sampah, kebun organik, kandang hewan peliharaan (kuda dan kelinci), kandang kambing, lapangan futsal, kolam pemancingan dan sumber mata air. Kami sendiri waktu ke sana cuma maen ke kandang kuda, lapangan futsal sama ke kolam pemancingan. Berusaha nyari kandang kelinci tapi gak ketemu. Sementara kandang kambingnya lumayan jauh dari posisi kami di kandang kuda. Akhirnya nyerah deh. Di sini baby Phoe seneng banget liat orang mancing ikan dan ngasih makan kuda.

peta
peta
petunjuk arah
petunjuk arah
Bang idin, gambar dipinjam dari sini
Bang idin, gambar di pinjam dari sini

Adalah Bapak Chaerudin atau yang akrab disapa Bang Idin yang menjadi pelopor hingga akhirnya hutan kota Sangga Buana ini bisa hijau seperti sekarang. Sebelumnya, banyak tumpukan sampah beraroma busuk di kawasan ini. Tapi atas kerja keras Bang Idin dan kelompok tani Sangga Buana, akhirnya tempat ini menjadi seperti sekarang. Salut!

Advertisements

Author:

A happy mommy & wifey :)

9 thoughts on “Hutan Kota Pesanggrahan Sangga Buana

    1. Betul mba. Keren. Andai semua orang kayak beliau, bisa dibayangkan betapa makin indahnya alam dan lingkungan di Indonesia. Sungai di belakang rumahku di Blitar malah udah penuh sampah. Padahal airnya beniiing banget. Cuma ya itu, penuh tumpukan sampah mba 😦

      1. Blitar kota asalku mba Non. Di sana ada ibu sama saudara-saudaraku. Kotanya tenang ya? Kalo gak salah sebutannya kota pensiunan. Harga makanan murah2 banget.

    1. Halo makasih udah mampir ke rumah saya. Iya, pohonnya banyak banget. Harusnya hutan kota semacam ini diperbanyak dan diperbaiki. Jadi fungsinya bisa semakin maksimal 🙂

  1. aku di tepi kali pesanggrahan kec kembangan.orang2 pada meracun ikan dan membuang sampah disungai.kemana harus ku melapor.aku coba bersihkan sampah plastik ditepi sungai.
    hukum dah ada.penegakan hukum lingkungAn yg lemah.
    mesti ada kurikulum lingkungan hidup disekolah.orang yg buang sampah di kAli orang sekolahan loh.

    1. aduh, miris tau info ini pak. Kenapa orang susah sekali buang sampah pada tempatnya ya. Saya kira selain penegakan hukum harus juga ada tata kelola sampah yang baik secara menyeluruh. Selain pendidikan di sekolah, kampanye buang sampah pada tempatnya memang harus terus diulang dan diulang. Padahal jika di luar negeri orang Indonesia tertib. Kenapa jika di negeri sendiri buang sampah malah sembarangan ya. 😦 😦 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s