Kuliner Betawi : Pecak Ikan

IMG_20150814_121649

Dua minggu kemarin, hampir tiap hari Jumat saya sama geng Rumpies makan siang dengan menu pecak. Minggu pertama kita makan pecak ini di Warung Betawi Haji Muhayar. Warung yang terletak di Jl. Taman Margasatwa No.8 Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini luar biasa rame kalo pas jam makan siang. Untung kemarin begitu kita datang, ada rombongan keluarga yang udah selesai makan siang. Jadi mejanya bisa kita tempatin deh *sorak-sorak*

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya ke sini. Dulu udah pernah, tapi tetep aja seneng. Siapa sih yang ga suka makan enak? Apalagi pake acara gratis. Soalnya salah satu anak geng Rumpies lagi ultah. Hehee. Alhamdulillah, rejeki anak baik :p

Buat makan siang kali ini saya pesen pecak ikan mas. Selain itu kita juga pesen sayur asem, tahu sama tempe goreng buat dimakan bareng-bareng. Pecak ikan mas nya saya suka.  Bumbunya yang diuleg kasar disiram di atas ikan mas yang digoreng kering. Karena diuleg kasar, jadi kita bisa mengira-ngira bumbu-bumbu apa aja yang digunakan. Kalo saya gak salah sih ada cabe rawit, cabe merah, bawang merah yang lumayan banyak. Rasanya seger banget.

Pecak Ikan Mas H Muhayar

Pecak Ikan Mas H Muhayar

Tempe Tahu H Muhayar

Tempe Tahu H Muhayar

Sayur asem nya sih saya cuma ambil kuahnya aja. Kayaknya kurang cocok aja di lidah. Dua orang temen saya pesen ayam kampung yang katanya enak juga. Tempe tahu standar sih ya. Satu porsi isi 3 tahu dan 3 tenmpe. Yang paling saya suka tentu sambel trasinya. Mantaap! Sayangnya di sana nggak ada menu ikan asinnya. Coba kalo ada, tambah klop deh dimakan sama sambel trasi dan lalapan. Nyamm *lap iler*

Lanjut minggu keduanya kita makan pecak lagi. Tentunya gak di warung Haji Muhayar lagi dong. Kan bosen. Kita nyoba di Warung Betawi H. Apen yang lokasinya di deket Kebun Binatang Ragunan, tepatnya di Jl. Saco No.12, Pasar Minggu. Di sini saya pesan menu yang katanya baru: Pecak Mujair Nila sama Lemongrass with lime. Kayak di bawah ini penampakannya. Di warung betawi H Apen ini pecaknya lebih berkuah daripada yang di warung H Muhayar. Selain pecak, ada juga soto betawi. Temen saya yang pesen, tapi saya nggak mau nyoba, soalnya pake susu.

Warung Betawi H. Apen

Warung Betawi H. Apen

IMG_20150814_121653

Pecak Nila Mujair H Apen

Lemongrass with lime

Lemongrass with lime

soto betawi pake susu

soto betawi pake susu

sepiring nasi yang diabisin padahal pengennya diet

sepiring nasi yang diabisin padahal pengennya diet

aneka lalapan

aneka lalapan

jajanan

jajanan

Terus kalo mau dibandingkan enak makan di warung yang mana? Menurut saya kalo rasanya sama2 enak. Dua2nya pelayanannya juga sama cepetnya. Secara tempat sih emang lebih ‘teratur’ di warung H Apen daripada warung Haji Muhayar. Cuma soal sambel terasi dan lalapannya saya lebih suka yang di H Muhayar. Eh, tapi di warung H Apen ini ada menu ikan asinnya lo. Naah lhooh, jadinya gimana? Apa kita pesen sambel terasi di H Muhayar trus beli ikan asinnya di warung H Apen aja? Di-mix gitu. Ide bagus kan yak? Etapi kan kita lagi bahas pecak. Hehehe, duh jadi gak fokus saya. Kalo kamu dari dua warung itu suka yang mana?

3 Comments

  1. dduhh salah buka tulisan ini sayaah. langsung ngiler siang2 liat foto pecak ikannya. pertama kali makan pecak ikan ini di daerah cimanggis mba, warungnya sederhana tapi rasanya juara. enak bangeeet suka banget sama sambel pecak yang puedeeesss!

Leave a Reply

