Review Naik Qatar Airways & KLM

IMG_20160301_052610

Saya mau nulis pengalaman kemarin pas naek Qatar Airways sama KLM ah. Setelah drama ketinggalan pesawat di sini, akhirnya saya bisa naek Qatar Airways dengan selamat. Ini adalah pengalaman saya yang ke dua naek pesawat maskapai Internasional, setelah sebelumnya naek KLM. Bukan bermaksud membanding-bandingkan. Dua-duanya pasti punya ‘market’, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi karena saya cuman pernah naek KLM, maka mau nggak mau bandingannya ya maskapai negeri kincir angin itu.

Staff 

Staff Qatar itu hampir semuanya ramah. Sama lah kayak KLM juga. Eh, tapi saya pernah baca sih di internet kalo katanya beberapa pramugara dan pramugari KLM ada yang cerewet. Tapi Alhamdulillah itu nggak kejadian sama saya. Staff dari KLM maupun Qatar semuanya ramah dan sangat membantu. Kalo masalah cantik atau ganteng sih relatif ya. Yang jelas penampilan mereka terawat sehingga enak dilihat. Oya, saya demen banget ngeliatin corporate colornya Qatar ini. Apa ya? Merah marun apa merah keungu2 an gitu. Seger ngeliatnya.

Seat

Untuk berangkatnya saya pakai pesawat BOEING 787-8 JET. Pesawatnya gede. Komposisi duduknya di kelas ekonomi 3-3-3. Lebih nyaman dibandingkan sama KLM. Waktu naik KLM komposisi duduknya 3-4-3. Saya waktu itu dapat di deretan bangku 4. Tapi Alhamdulillah, 2 bangku sebelah saya kosong, jadi bisa agak legaan. Buat gambaran seat nya Qatar maupun KLM bisa diintip di sini. Dan soal tempat duduk, Qatar lumayan asik nih dibandingin sama KLM. Tempat duduk Qatar punya bantalan kepala. Jadinya enak buat tiduran.

IMG_20160301_072803

tempat duduk Qatar Airways

Entertainment

Dari sisi entertainment, pesawat Qatar ini modern abis. Layar sentuhnya sama enaknya kayak punya KLM. Sayang baik KLM maupun Qatar peralatan headshetnya kurang menurut saya. Dua-duanya agak kurang nyaman waktu dipakai. Mungkin kalau mau enak, bawa headshet sendiri kali ya. Buat yang baru pertama naik Qatar, kalau mau nyari colokan headshet, itu ada di pegangan tangan kursinya yang sebelah kiri. Pertama saya sempet nyari-nyari sampe beberapa saat akhirnya nyerah nggak nonton film. Mau tanya saya kok malu, hehehe. Sementara pas naik KLM kemarin, colokan headshetnya ada di sebelah layar sentuh. Pas pulangnya karena pesawatnya beda, bukan lagi Boeing tapi Airbus 330-200, jadi peralatan entertainment nya agak jadul. Layarnya bukan layar sentuh lagi, tapi masih pake remote yang ditaruh di bantalan tangan. Dan sayangnya remotenya dipakai kurang sensitif. Sampai pencet-pencet agak keras gitu. Perlu diupgrade nih. Film dan pilihan musiknya lumayan sih, meski bukan yang paling update.

Safety Flight Video

Yang saya suka juga dari maskapai Internasional, baik Qatar maupun KLM adalah in-flight safety videonya. Kereen. KLM videonya lebih menonjolkan ciri khas negeri Belanda yaitu pembuatan ubin yang bercorak biru. Dikabarkan menggunakan lebih dari 1,000 ubin yang terinspirasi oleh teknik Delfware, yang khusus digambar, dianimasi dan dicat untuk info safety flight di pesawat KLM. Videonya bisa dicek di sini. Ini video terbaru mereka yang baru dan direlease tanggal 1 November 2015 kemarin. Lain KLM lain pula Qatar Airways. Jujur saya lebih suka punya Qatar. Seru soalnya mereka menampilkan pemain-pemain Barcelona FC sebagai bintangnya. Kerennya pengambilan tempat syutingnya bukan di pesawat, seperti yang lain, tapi di dalam lapangan sepak bola. Dengan mengusung tagline Qatar Airways and FC Barcelona : A team that unites the world, mereka cukup sukses membuat video safety flight yang lucu, tidak biasa tapi tetep informatif. Saluuut. Kalo mau lihat videonya bisa cek di sini. Saking sukanya saya sempet videoin, eh ternyata di youtube juga udah ada. Hahaha, norak!

Meals  

Nah, kalo yang ini saya nggak bisa komentar banyak. Karena settingan perut yang udah Indonesia sekali. Apapun makanan yang disuguhin nggak pernah cocok di lidah. Mau omelette, olahan ayam atau ikan, semuanya nggak ada yang cocok. Saya nggak bilang nggak enak ya. Ini murni karena lidah saya yang susah banget beradaptasi sama menu-menu selain menu Indonesia. Nggak cuma makanan utama, makanan penutupnya pun saya nggak begitu suka. Padahal cuma puding sama yoghurt gitu. Jadilah saya cuman makan dikit plus buah-buahan (kalo ada) dan jus. Beberapa review di internet yang saya baca, banyak yang bilang makanan 2 maskapai itu lumayan enak kok. Jadi jangan kuatir ya. Yang jelas makanan mereka berlimpah. Dikit-dikit dikasih makan, dikit-dikit ditawarin minum. Kalo kamu doyan makanan apa aja, pasti bakalan kenyang maksimal. Ini makanan yang sempet saya foto baik dari KLM maupun Qatar.

IMG_20151105_113603

KLM: Omelette, cream soup/youghurt??, roti, buah potong plus jus

IMG_20160304_160419

Qatar: Nasi biryani/kebuli??, ikan saos tomat, acar??, puding, roti, jus mangga, plus mineral water

Liat wadah makanan punya Qatar nggak? Imut ya. Kemarin saya liat ada ibu-ibu yang dengan semangat ‘mengoleksi’ buat dibawa pulang. Nggak cuma punya dia sendiri, bahkan dia sampe inspeksi ke nampan punya tetangga kanan, kiri, depan, belakang.

Transit 

Waktu naik KLM saya cuman ada waktu transit di Kuala Lumpur selama 30 menit. Singkat banget kan. Mau ngapain coba 30 menit. Paling cuma sempet ke kamar kecil doang trus antri buat naik pesawat lagi. Sementara pas naik Qatar, kita transit 3 jam di Hamad International Airport, Doha Baru. Waktu yang pas sik. Nggak terlalu lama dan nggak terlalu singkat. Saya masih sempet jalan-jalan bentar. Ternyata Hamad International Airport ini seru juga.

IMG_20160304_235145

IMG_20160304_235055

IMG_20160301_054405

Toko coklat yang ngeheits itu

IMG_20160301_054154

salah satu toko mainan

IMG_20160301_053905

Giant Bear, icon nya si Hamad International Airport kayaknya

Oya, kabarnya kalo kita transit lebih lama dan jam nya pas, ada fasilitas Doha City Tour loh. Dan ini gratis. Komplimen dari Qatar Airways sama Qatar Tourism Authority. Keren kayaknya tournya. Mengunjungi empat obyek wisata utama di Qatar: The Pearl Qatar, Katara Cultural Village, Museum of Islamic Art dan Souq Waqif. Sayang jadwal saya nggak cocok sama jadwal tour ini. Pas mampir ke counternya, lagi kosong. Kalau pas naik Qatar Airways, coba deh cek cek di sini buat info lebih lanjut. Siapa tahu kamu bisa ikutan. Lumayan kan. Naik KLM atau Qatar, semua emang punya kenikmatan masing-masing. So, enjoy!

IMG_20160301_055043

Doha City Tour

8 Comments

Leave a Reply

