Kolak – yang khas saat bulan puasa

Apa kabarnya di bulan puasa? Lemes? Sama. Tapi kalo kita banyak kegiatan jadinya nggak kerasa. Tau-tau udah maghrib aja. Iya nggak sih? *Iyaa. Jawab sendiri.

Di bulan puasa aktifitas di rumah saya agak santai nih. Nggak ada acara gedubrak-gedubruk masak di pagi hari sebelum kerja. Emang biasanya rutin masak, Des? Ahahaha. Jadi saya kadang suka tidur lagi abis subuhan gitu. Puas-puasin. Pulang kantor juga gitu. Kalo orang lain buru-buru pulang jam 4 biar bisa berbuka bareng keluarga, saya mah kebalikannya. Pulang kantor tetep setelah jam 6. Bukannya nggak pengen buka sama-sama keluarga. Tapi lebih ke pertimbangan kondisi jalanan. Macetnya tobaaattt. Antara jam 4-set. 6 jalanan TB Simatupang bisa dibilang mengerikan. Padat nggak bisa merayap. Alhamdulillah suami juga nggak keberatan berbuka sendiri.

Tapi hari Sabtu & Minggu, sebisa mungkin saya masak buat keluarga. Itung-itung sebagai kompensasi hari-hari kerja yang saya skip melulu buat bareng sama keluarga. Lagian pak suami ini permintaan masakannya nggak pernah aneh-aneh. Tiap kali ditanya mau dimasakin apa, jawabannya selalu labu siam. Pilihannya ada 3, dibuat sayur lodeh, dibuat labu siam kuah kuning atau dibening sama bayem. Kebanyakan sih dia mintanya disayur kuning atau dibening. Simpel ya to. Lauknya saya tinggal goreng tempe/tahu, lele, mujair, atau malah telor. Kalau nggak males, saya kadang bikin sambal balado terong, dadar jagung atau sambal tomat/terasi. Dan herannya, pak suami nggak pernah bosan sama sayur labu siam ini. Sampe yang masak yang bosen jadinya. Hehehe.

Trus ada satu lagi masakan yang Sabtu Minggu nggak pernah absen. Kolak. Iya, makanan ini emang terkenal banget pas bulan puasa sebagai takjil atau makanan pembuka. Di mana-mana banyak orang jualan kolak, selain tentunya macem-macem es dan gorengan. Tapi nggak tahu kenapa, saya nggak pernah sreg sama kolak-kolak yang dijual itu. Bagi saya rasanya maniiiisss banget. Trus abis minum kolaknya, jadi berasa gatel gitu di tenggorokan. Mungkin pengaruh gulanya kali ya. Makanya saya lebih suka bikin sendiri. Manalah gampang banget bikinnya. Tinggal modal air, daun pandan, santan sama gula merah/gula jawa. Udah. Bahan isiannya tinggal disesuain aja. Saya suka pake waluh/labu kuning, ubi kuning/merah, pisang, kolang-kaling, ketela, atau kalau ada nangka. Tiap kali bikin pak suami bisa nambah 2 mangkok. Yeay!

Dulu waktu kecil, mbah saya suka bikin kolak labu kuning/waluh. Dan istimewanya, biji waluh/labu kuningnya nggak dibuang, tapi ikut dimasak juga dalam kolak. Jadi pas makan kita sembari gigit-gigit biji waluh yang gendut-gendut ini. Persis kayak makan kuaci, tapi dengan sensani manis dan berkuah. Uuuh enaaaak. Kalau kamu makanan apa yang khas di bulan puasa?

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s