Lokakarya Kolase Kata untuk Perempuan

Kemarin saya ikutan lokakarya kolase kata untuk perempuan yang diadakan di @livingwithlof di Jl. Haji Junaedi no. 2A, Cipete, Jakarta Selatan. Pertama tahu acara ini dari instagramnya livingwithlof. Saya emang lagi seneng ikutan workshop-workshop kreatif gitu. Tiap kali liat info workshop kreatif seringnya selalu telat, atau kalau nggak gitu waktunya nggak pernah tepat sama agenda saya. Makanya begitu liat ada lokakarya kata untuk perempuan ini tanpa pikir panjang saya langsung daftar. Masa bodoh sama acaranya yang diadain di hari dan jam kerja. Saya bisa cuti setengah hari. Kebetulan menjelang libur lebaran load kerjaan lagi nggak terlalu padat. Alasan lain, tentu saja saya pengen mengunjungi tempat peri-peri Kitty Manu berada. Selama ini cuma liat dari website dan instagram aja. Jadinya penasaran secara saya penyuka bunga-bunga termasuk bunga deposito.

Sebelum berangkat saya bener-bener deg-degan. Rasanya kayak mau kencan pertama. Ih bisa gitu ya? Soalnya ini pertama kali saya ikutan workshop seru gini sendirian. Bayangan nanti bakal belajar hal baru trus ketemu temen baru bikin saya  jadi makin nervous.

Abis daftar kemarin, saya sempetin cari tahu soal apa sih ‘kolase kata untuk perempuan’ ini. Maksudnya biar saya ada gambaran pas nanti ikutan workshop. Jadi nggak ‘kosong-kosong’ amat. Hehehe. Kolase sendiri merupakan teknik yang memadukan berbagai jenis bahan untuk menjadi karya baru. Secara manual menggunakan teknik gunting dan tempel. Ika Vantiani adalah perajin barang daur ulang yang percaya kalau semua orang itu kreatif namun tidak semuanya rajin. Bersama Plaza Indonesia, Ika pernah berkolaborasi membuat proyek bertajuk “Kata Untuk Perempuan”. Proyek ini bertujuan untuk melihat representasi bahasa yang kita gunakan sehari-hari untuk perempuan. Dari ratusan kolase yang terkumpul, ternyata, terlihat bahwa arti perempuan begitu kaya dan sarat makna yang ditampilkan lewat visualisasi kolase-kolase tersebut. Selain itu proyek ‘Kata Untuk Perempuan’ juga sekaligus bertujuan untuk mengedukasi publik tentang apa itu kolase. Sebuah teknik yang sebenarnya sudah kita kenal sejak kecil tapi belum populer.

Workshopnya sendiri gimana? Seruuu! Pertama Ika menjelaskan apa itu kolase dan apa yang harus dilakukan para peserta untuk workshop ‘kata untuk perempuan’ ini. Peserta diberi waktu selama 2 jam untuk berpikir, menyusun kolase dari potongan-potongan kertas bekas, majalah dan perangko. Semua peserta sibuk menggunting dan menempel. Bagi sebagian besar peserta, ini adalah pertama kali mereka mengerjakan kolase. Di akhir workshop para peserta diminta mempresentasikan karya yang sudah mereka buat. Saya sendiri karena sudah sempat browsing jadi nggak  terlalu bingung. Sengaja saya udah cari beberapa kata yang kira-kira akan saya pilih untuk dijadikan kolase. Pada akhirnya saya pilih kata: Manis. Kenapa manis? Karena menurut saya, kata manis ini merepresentasikan perempuan. Tidak hanya secara fisik (wajah/paras nya manis), tapi juga berkaitan dengan perilaku (tingkah lakunya manis). Kata manis kadang menjadi belenggu sendiri bagi perempuan jika tidak digunakan dengan tepat. Beberapa orang tua, kadang suka menghakimi anak perempuan yang terlambat menikah karena mungkin kelakuan mereka tidak manis. Atau bahkan di tempat asal saya, kata manis ini sering digunakan oleh lelaki untuk menggoda perempuan yang tidak dikenalnya. Misalnya di pinggir jalan atau di warung-warung. Mereka akan memanggil perempuan itu dengan menyebut ‘maniiisss’ dibarengi suitan-suitan yang melecehkan.

manis

Kolaseku: Manis

Secara keseluruhan saya sangat menikmati workshop ini. Menantang dan menarik. Ini juga bisa jadi me time saya, agar nggak melulu ngurusin kantor dan rumah tangga. Lain kali saya mau ikutan creative workshop yang lain lagi ah. Selamat belajar hal baru!🙂

 

2 Comments

Leave a Reply

