Posted in Traveling

Mengurus Visa Schengen di VFS

 

netherlands-97830_960_720
pixabay

 

Akhir Januari kemarin saya dapat kabar kalo tim M&C kantor pusat kita mau ngadain acara team away days lagi. Team away days ini adalah meeting yang diikuti oleh seluruh M&C di semua kantor pusat dan cabang kita. Itu berarti dari M&C dari Indonesia juga diundang. Horeee, ke Belanda lagi kitaaaa.

Karena visa saya sudah habis masa berlakunya, maka hal pertama yang harus saya lakukan adalah mengurus visa lagi. Jika dulu pengurusan visa ini dilakukan di kedutaan besar Belanda di Jakarta, maka mulai tanggal 1 Juli 2016 semua permohonan visa Schengen dan/atau visa untuk Negeri Belanda, Belgia, Luxembourg dan bagian-bagian Karibia dari Kerajaan Negeri Belanda bisa diajukan di Pusat Aplikasi Visa Negeri Belanda VFS di Jakarta, Bali dan Surabaya hanya dengan perjanjian. Wah, ini berarti mungkin prosedurnya bakalan berbeda dengan pengalaman saya dulu waktu mengurus di kedutaan besar Belanda.

Kebetulan temen yang biasa bantuin ngurusin visa lagi cuti melahirkan. Akhirnya mau nggak mau saya urus sendiri, dimulai dari nyiapin dokumen dan berkas-berkas yang dibutuhkan. Apa saja berkasnya? Berikut daftar yang saya dapat dari contekan teman yang udah lebih dulu bikin visa. Juga tahapan apa saja yang harus kita lakukan.

  1. Buat janji di website vsf global 

Di sini nanti akan diminta login dengan memasukkan alamat email, password dan text yang berada di kotak bawahnya. Jika belum punya akun, silahkan membuatnya terlebih dahulu dengan mengisi ‘new user registration‘. Nanti akan diminta memasukkan data nama depan, nama belakang, alamat email, no hp dan password.

vfs - new user

Jika sudah, silahkan pilih schedule appointment dan memilih negara apa yang akan dikunjungi, negara asalnya, pusat aplikasi yang dipilih di kota apa, dan kategori visa yang kita urus.

vfs - application center

Setelah selesai nanti masuk ke aplicant list dan isi data yang diminta. Maksimum hanya 5 applicant yang boleh dalam 1x janji temu ini ya.

applicant list

add new applicant

Setelah selesai nanti akan tampil tanggal dan jam berapa saja yang jadwalnya tersedia dan bisa kita pilih untuk interview. Saya lebih memilih pagi, soalnya biasanya pelayanan lebih cepet dan menghindari kemacetan Jakarta di sore hari. Kita nanti akan menerima email konfirmasi. Lebih amannya print bukti konfirmasi ini ya.

schedule

Sekarang dokumen apa saja yang harus dipersiapkan dan dibawa? Berikut rinciannya yang sudah diberikan oleh VFS: dokumen untuk visa.

  1. Formulir pengajuan visa bisa didownload di sini
  2. Paspor. Cek masa berlaku paspormu ya. Jangan sampai sudah expired. Kalau pernah punya visa Schengen sebelumnya, dilampirkan aja.
  3. Copy KTP, KK dan akta lahir yang sudah diterjemahkan. Kebetulan teman saya sudah punya template nya. Jadi tinggal saya ganti dengan data saya.
  4. Pas foto ukuran 3.5 x 4.5 dengan background putih. Daripada salah, saya lebih memilih foto langsung di VFS dengan membayar 40 ribu rupiah saja.
  5. Tiket pulang pergi. Karena belum diisued tiket secara resmi, saya minta bantuan travel agent untuk mendapatkan tiket proformanya dulu.
  6. Asuransi. Saya langsung beli asuransi di travel agen langganan kantor. Karena sudah tahu tanggal pasti berangkat dan pulangnya, maka asuransi dibeli dulu, meski tiket belum diissued.
  7. Surat referensi dari kantor. Enaknya karena ini tugas kantor, saya tinggal minta ke HRD.
  8. Reservasi hotel. Hotel sudah dipesan oleh teman kami di Belanda. Tapi jika belum dapat hotel, jangan kuatir. Bisa booking lewat situs-situs seperti agoda, booking.com dll. Pilih yang tidak perlu menggunakan kartu kredit, tidak terkena pembayaran di awal dan tidak ada cancellation fee. Jadi jika sudah dapat visa, nanti bisa dicancel tanpa rasa khawatir.
  9. Surat undangan atau invitation letter dari kantor pusat kami di Belanda. Mungkin karena ini perjalanan bisnis, saya tidak diminta bukti keuangan karena semua sudah dicover oleh kantor.

Setelah semua dokumen lengkap, pada tanggal dan jam yang dijanjikan, saya berangkat ke kantor VFS Jakarta di Kuningan City Mall Lt. 1 No. L2-30/32 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 Setiabudi, Kuningan, Jakarta – 12940. Tunggu sampai jam intterview kita, lalu nanti kita bisa masuk ke ruangan dan mendapatkan nomer antrian. Oya, sebaiknya tinggalkan laptop di rumah atau kantor, karena jasa penitipan akan dikenakan biaya.

Biaya pembuatan visa sendiri sebesar 850.000,- plus biaya administrasi sebesar 350.000,-. Jadi totalnya 1.200.000,-. Semua dibayar tunai macem orang kawinan. Estimasi visa jadi sekitar 15 hari. Tapi ternyata kurang dari 1 minggu visa sudah jadi dan bisa diambil. Saya dapat info lewat email. Tapi jika mau ada juga layanan sms, yang harus membayar lagi 20 rb. Setau saya juga ada layanan pengantaran, jadi kita nggak perlu dateng lagi ke kantor VFS. Untuk visa, saya minta tolong diambilkan kurir kantor. Jadi tinggal buat surat kuasa, foto copy KTP saya, dan bukti pembayaran visa.

Karena saya minta multiple, jadi visa valid sampe 2020 dengan masa tinggal 90 hari. Yeaayy. Ternyata meski sudah tidak diurus di kedutaan Belanda, proses pembuatan visa tetap mudah dan cepat kok. Jadi jangan takut ya.

Author:

A happy mommy & wifey :)

Leave a Reply

