Posted in Daily Life, Review

Minyak-minyak favorit untuk kesehatan

 

Produk-Minyak-Kelapa-Asli
minyakkelapa.org

 

Kali ini saya mau nulis soal minyak-minyakan ah. Jadi, si minyak-minyak yang mau saya bahas kali ini tuh bisa dibilang berguna banget buat kehidupan saya dan keluarga selama ini. Ini tentu saja bukan minyak-minyak hits yang harganya selangit. Saya mah apa atuh, cuma penggemar barang murah meriah tapi bermanfaat.

Oke, apa sajakah minyak-minyak tersebut? Cek daftarnya di bawah ini ya:

  • Minyak tawon

 

minyak-gosok-cap-tawon-ff-asli-makassar-90-ml-1484865344-47039921-07c142932411f2901d18020996d0054a-webp-zoom
Lazada

 

Dari dulu udah denger kalo minyak tawon ini banyak manfaatnya. Tapi saya baru merasakannya sendiri pas kena musibah dijambret waktu naik motor. Saat itu karena jatuh dan kegusruk aspal jalan, lengan dan kaki kiri saya lecet parah. Terutama lengan atas karena dipake buat tumpuan. Pulang ke rumah, karena udah malem dan belum sempat ke dokter, akhirnya dirawat sendiri sama pak suami pake pembersih luka. Setelah bersih, baru kemudian dioles-oles sama minyak tawon. Rasanya sih sakit, karena emang faktor luka yang terbuka, tapi juga hangat karena pengaruh minyak tawonnya.

Tiap hari luka saya rajin dibersihkan dan diolesi minyak tawon. Dan hasilnya nggak sampai lama 2 minggu, luka saya udah kering dan nggak berbekas. Ada sih bekasnya dikit, itu karena saya kurang rajin oles-oles minyak tawonnya pas udah hampir sembuh *nakal&males*

Buat ngedapetin minyak inipun cukup gampang. Di mini market dekat rumah udah pasti ada. Saya liat sekarang udah ada yang pake botol plastik dengan ukuran mini.

  • Minyak zaitun

Jual minyak zaitun mustika ratu

Nah, kalo minyak ini berguna dan berjasa banget waktu saya hamil. Dari bulan pertama, saya sudah rajin oles-oles minyak zaitun ini ke bagian perut. Dulu tujuannya biar perut nggak kering pas melar karena adanya dedek bayi. Dan emang terbukti bermanfaat banget loh. Alhamdulillah sampai anak saya lahir, perut saya nggak ada garis-garis strectmark yang heboh. Muluus kayak jalan tol. Paling cuma gundukan lemak yang muncul di sana-sini. Si mbak pijit juga suka pake minyak ini kalau lagi dipanggil ke rumah.

Saya belinya pun bukan minyak zaitun yang mahal-mahal. Cukuplah dengan minyak zaitun produksi kosmetik lokal Indonesia yang sudah terbukti dan terpercaya. Mustika Ratu. Hehehe. Bukan iklan ya, saya cuma ngasih tau aja.

  • Minyak kelapa asli

 

Produk-Minyak-Kelapa-Asli
minyakkelapa.org

 

Jaman mbah-mbah saya dulu, beliau paling rajin bikin sendiri minyak kelapa ini. Homemade gitu ceritanya. Jadi kelapa tua diparut, kemudian campur air dan diperas diambil untuk diambil santannya. Kemudian santan tersebut dimasak di atas api kecil sambil diaduk perlahan-lahan dan terus-menerus. Lama kelamaan air santan akan menguap dan terpisah sehingga hanya menyisakan minyak kelapa asli dan ampas yang dikenal dengan nama blondo. Blondo ini rasanya gurih banget loh. Dulu saya paling suka cemilin kalau mbah sudah selesai mengambil minyak kelapa murninya.

Nah, minyak kelapa murni ini berguna buat apa? Waah, banyak banget manfaatnya, diantaranya melembabkan kulit kering, mengencangkan kulit, mengobati luka bakar, membasmi infeksi jamur, dan masih banyak lagi. Coba browsing deh. Dulu saya pake minyak kelapa ini untuk mengobati ruam-ruam pada baby Phoe karena popok dsb. Manjur sih.

Tentu saya ga buat sendiri ya. Mana sempet, haha. Sekarang minyak kelapa murni ini banyak dijual kok. Online juga ada. Praktis dan gampang.

  • Minyak angin aromatherapy

freshcare

Bersyukur deh ada yang bikin minyak angin aromatherapy ini. Favorit banget. Dulu kan minyak angin baunya nenek-nenek banget ya. Sekarang udah ada wangi macem-macem. Dan bentuknya itu loh, roll on yang praktis banget. Imut, jadi bisa dibawa pergi kemana-mana.

Saya tiap pergi, terutama pergi jauh, selalu gak lupa bawa ‘senjata’ ini. Memang kurang cocok sih buat anak kecil karena rasanya yang cukup panas. Tapi buat orang tua sih masih wajar aja. Biasanya saya pake buat oles-oleh kepala kalo lagi pusing, atau oles-oles perut kalo lagi mual atau masuk angin.

  • Minyak Sagha

 

minyak sagha
tokopedia

 

Ini sih pertama yang suka pak suami. Katanya ampuh buat ngusir pegel-pegel di kaki dan badan. Masak sih? Trus pas saya capek, dia mijit-mijit badan saya pake minyak sagha ini. Eh, beneran loh, saya tidurnya pules dan badan enakan. Hahaha, itu mah efek pijitan suami yang terbesar kali ya.

Tapi emang minyak ini enak sih. Hangat dan bikin rileks. Dulu pak suami belinya online. Keknya banyak juga kok distributornya ya. Minyak ini harganya agak lebih mahal jika dibandingkan 4 minyak sebelumnya. Tapi ya masih wajarlah harga.

Itu dia minyak-minyak favorit saya. Ada rekomendasi, minyak apalagi yang murah meriah tapi bermanfaat?

Advertisements

Author:

A happy mommy & wifey :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s